Rabu, 01 Februari 2012

MATERI Kls X
Semester 1

KOMPUTER
Komputer  adalah seperangkat alat digital untuk memproses data baik dalam bentuk teks,fisual atau audio.Sejarah Komputer :
     Komputer generasi awal       : Mainfram (1980)
     Komputer generasi kedua     : Work Station
     Komputer ketiga                   : Komputer mini / mini comp
     Komputer keempat               : Komputer PC(Personal Komputer)

  CPU               (CD/DVD,R-RW,Disket,Hard Disk,Card Reader,Motherboard)   
  Monitor          (LCD/Screen proyektor)       
  PC                  Mouse-Keyboard-Speaker aktif
    Isi dari Motherboard :
•    Processor
•    VGA Card
•    Sound Card
•    I/O
•    Power Supply
•    Port USB

BOOTING

Booting        :proses mengalirkan arus listrik ke dalam semua komponen yang ada dalam komputer.

  Bagian-Bagian Booting :
•    Hard Ware   
•    Soft Ware
•    Brain Ware


MACAM-MACAM JARINGAN KOMPUTER

         Hubungan antara komputer akan membentuk jaringan yang dihubungkan melalui kabel.Saat ini ada banyak jenis jaringan yang digunakan oleh masyarakat,seperti CAN(Controler Area Network),LAN(Local Area Network),WAN(Wide Area Network),MAN(Metropolitan Area Network),PAN(Personal Area Network),dan jaringan internet.

   Paket Program Komputer
a)    Proram pengolah kata (Mr.Word,Word Pad,Word Perfec)
b)     Proram pengolah angka (Ms.Exel,Lotus 123)
c)    Proram presentasi (Ms.Power Point,Macromedia frechand)
d)    Program pengolah data (Ms.Acces)
e)    Program pembuatan game (Multimedia,gravis,Gladiator,Deadly Dozen)
f)    Program pengolah gambar (Corel Draw,Photo Shop)
g)    Program multimedia (Windows media player,Winamp,Power DVD)
h)    Program browsing (Opera,Mozila,Link,Windows internet Explorer)

Semester 2MS.WORD
   Ligkungan Kerja M.WORD:
1.    Menubar           (file,edit,insert,view,format,table,windows,tools,help)
2.    Standarbar        (untuk menyimpan data)
3.    Formating Bar   (untuk mengatur ukuran)
4.    Toolbar               (Drawing,picture,merge,form)

 Fasilitas Menu Insert
 Clip Art
 Authoshop
 Chart(grafik)

MATERI kls XI
                                                      Semester 1
INTERNET
Internet adalah jaringan komputer yang luas dan besar yang mendunia.
    Cara Mengakses Internet
-    Aktifkan wi-fi pada laptop/ponsel
-    Perangkat wi-fi akan mencari jaringan
-    Setelah jaringan ditemukan,silahkan log in dan internet dapat digunakan
   Fasilitas yang ada dalam Internet:
-    E-mail
-    Forum diskusi
-    Blog
-    Mailing list
-    WWW
   Sofware untuk Web Browser:
-    Opera
-    Internet Exsplorer
-    Mozilla Firefox
-    Safari
    Peralatan untuk Mengakses Internet:
a.    Perangkat Keras
-    Komputer
-    Modem
-    Kabel UTP
-    Kabel RJ 45
-    Switch
-    Router
b.     Perangkat Lunak
-    Sistem Operasi
-    Web Browser
   Beberapa contoh Domain Name:
-    net        : penyedia jasa koneksiminternet
-    edu/ac        :lembaga pendidikan
-    co,com        :perusahaan komersial
-    or,org        :organisasi non profit atau yayasan
-    mil        :lembaga kemiliteran

Semester 2
EXCEL (Pengolah Angka)

Title bar            :  untuk menunjukkan wobset yang sedang aktif
Ribbon              : tempat untuk meletakkan tombol-tombol yang sering digunakan
Name Box         :  untuk menunjukkan sel yang aktif
M.Offis Botton   : untuk pengelolaan dokumen
Alignment           : untuk perataan
Page Set up        : untuk mengatur kertas yang mau diprint
Print Area           : memilih bagian data yang mau diprint
Formula              : untuk memasukkan rumus-rumus di Excel

    Data-Data yang Bisa digunakan Exel:
-    Angka
-    Karakter
-    Simbol

    Membuat Grafik

Blok- Insert- pilih Chart- next – finish
    Menampilkan nilai Pasti
Klik kanan grafik – pilih Chart Options – Data Lebels – Value – Ok.
   Rumus STATISTIK
=MIN     (data diblok semua)    - enter : untuk mencari data terendah
=MAX     ( data diblok semua)     - enter : untuk mencari data terbesar
=AVERAGE     ( diblok semua)    - enter : untuk nilai rata-rata

MATERI Kls XII
Semester 1


DESAIN GRAFIS
          Desain Grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi.Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan,packaging,perfilman,dan lain-lain.

    Dasar-Dasar Desain Grafis:
-    Tipe image
-    Mode image
-    Resolusi.

   Desain Grafis memiliki 2 tipe image:

1.Mengenal Pengertian Grafis Berbasis Vektor dan Bitmap

a)    Tipe Bitmap : Merupakan image yang terbentuk dari titik-titik warna/pixel.
b)    Tipe Vektor : Suatu vektor yang tidak tergantung pada resolusinya.

 2.Mengenal Kategori dan Aplikasi Pengolah Grafis

    Beberapa katagori desain grafis:

-    Printing
-    Web desain
-    Film
-    Identifikasi
-    Desain produk

    Beberapa aplikasi desain grafis:
-    Aplikasi pengolah tata letak(layout)
-    Aplikasi pengolah vektor/garis
-    Aplikasi pengolah pixel/gambar
-    Aplikasi pengolah film/video
-    Aplikasi pengolah multimedia

PROGRAM APLIKASI ADOBE PHOTOSHOP

         Adobe Photoshop adalah program yang diajukan untuk memberi kemudahan bagi para editor gambar untuk berkarya secara lebih profisional.Adobe photoshop mempunyai tiga mode warna yang digunakan,yaitu RBG,CMYK,dan indek color.Layar komputer atau monitor mempunyai elemen pembentukan warna Red,Green dan Blue (RBG),sedangkan warna yang dihasilkan oleh media cetak mempunyai empat kali proses pewarnaan,yaitu Cyan,Magenta,Yellow,dan Black (CMYK).
    Kelebihan dan Kemampuan Adobe Photoshop
Adobe Photoshop merupakan program image editing(pengeditan citra).Program image editing adalah program yang digunakan untuk mengolah gambar bitmap hasil dari kamera digital,gambar atau foto dari hasil scanner,atau gambar lainnya.Keuntungan program-program pengolah grafis berbasis bitmap adalah mengolah objek bitmap dengan efek-efek khusus agar lebih menarik.
•    Cara Membuka Program Aplikasi Photoshop:
1.    Nyalakan komputer Anda,tunggu sampai komputer menampilkan area kerja(desktop)
2.    Klik tombol Start yang ada di taskbar
3.    Pilih All Programs “Adobe Photoshop”
4.    Kemudian tunggu sampai jendela kerja program aplikasi Photoshop ditampilkan.
•    Elemen Dasar Jendela Kerja Adobe Photoshop
Toolbars: Fasilitas untuk menggambar/mengedit gambar.
1.    Pallets    : Fasilitas untuk merubah warna,brushes,layer.
a)    Palet Navigator berfungsi untuk mengatur tampilan monitor.
b)    Palet Options menyimpan pilihan dari tool yang sedang aktif.
c)    Palet Info berfungsi sebagai densitometer digital.
d)    Palet Brushes menyimpan bentuk dan ukuran brush.
e)    Palet Swatches adalah tempat untuk menyimpan palet warna.
f)    Palet Color berguna untuk mencampur warna.
g)    Palet Actions menyimpan kumpulan perintah untuk otomatisasi.
h)    Palet Phat menyimpan phat yang berguna untuk membuat seleksi.
i)    Palet History menyimpan seluruh langkah yang dilakukan.
j)    Palet Channels menyimpan komponen warna dan seleksi dan gambar.
k)    Palet Layers menyimpan layer-layer gambar
2.    Image     : Lokasi di mana gambar ditampilkan.
•    Tool pada Adobe Photoshop
1.    Marguee Tool    : untuk memilih suatu area pada gambar/image.
2.    Crop Tool            : untuk mengambil area yang telah dipilih dan menghapus semua        area yang tidak dipilih.
3.    Move Tool          : untuk memindahkan isi seleksi atau layer.
4.    Lasso Tool            : untuk membuat seleksi-seleksi.
5.    Magic Wand Tool    : untuk membuat seleksi berdasarkan tingkat kesamaan warna atau toleransi warna tertentu.


PRESENTASI

Presentasi itu merupakan hal penting yang sering dilakukan oleh banyak orang karena presentasi adalah salah satu jenis komunikasi antara pembicara dan pendengar.
•    Beberapa Fasilitas dalam Presentasi
1.    Fasilitas Wizard    : untuk membuat presentasi secara mudah dan bertahap.
a.    Pick a Look Wizard, berguna untuk mendisai tampilan presentasi
b.    Auto Content Wizard, digunakan untuk membantu kita dalam menuangkan gagasan mengenai apa yang akan Anda presentasikan nantinya.
2.    Menu Shortcut, yaitu menu yang muncul jika kita memilih suatu objek,kemudian mengeklik tombol mouse kanan.
3.    Fasilitas Autc Layouts, yaitu fasilitas untuk membuat slide,sehingga kita tidak perlu lagi mengatur layout slide kita.
4.    C    lip Art Gallery, yaitu fasilitas yang digunakan untung menampung seluruh clipart.
5.    Cue Card, yaitu tuntunan langkah demi langkah tentang cara-cara melakukan tugas-tugas dalam PowerPoint.
•    Langkah-Langkah menjalankan Program Microsoft PowerPoint
1.    Arahkan penunjuk mouse  start
2.    Dari start menu,Pilih Programs,kemudian pilih Microsoft PowerPoint
3.    Jendela PowerPoint akan menampilkan kotak dialog Takspane PowerPoint yang memuat rencana awal dari sebuah desain presentasi.



Pengenalan Grafis Berbasis Vektor dan Berbasis BitmapThis is a featured page

1.1 Program Aplikasi Pembuat Grafis

Pengenalan Grafis Berbasis Vektor dan Berbasis Bitmap - TIK SMAN 12 Jakarta TimurPada pembuatan media Informasi digital seperti halnya website, eksistensi grafis sudah menjadi suatu kebutuhan. Bahkan, sudah menjadi hal yang konvensional jika suatu website hanya terdapat grafis tanpa adanya animasi, baik animasi berbasis grafis maupun berbasis suara. Tidak dapat di pungkiri lagi, grafis yang menjadi tolak ukur kualitas suatu program aplikasi atau website. Hal tersebut menimbulkan perang urat syaraf antar produsen software, terutama perusahaan yang bergerak dalam bidang design grafis, sehingga bermunculan software-software berbasis grafis dengan fitur-fitur (fasilitas) yang canggih, mudah dalam pengoperasian, menarik, dan compatible.A. Pengertian Grafis Berbasis Vektor dan Grafis Berbasis Bitmap
Grafis adalah gambar yang tersusun dari koordinat-koordinat. Dengan demikian sumber gambar yang muncul pada layar monitor komputer terdiri atas titik-titik yang mempunyai nilai koordinat. Layar Monitor berfungsi sebgai sumbu koordinat x dan y.

Pada desain grafis, desain dibagi menjadi 2 kelompok yakni desain bitmap dan vektor. Grafis desain bitmap dibentukPengenalan Grafis Berbasis Vektor dan Berbasis Bitmap - TIK SMAN 12 Jakarta Timur dengan raster/pixel/dot/titik/point koordinat. Semakin banyak jumlah titik yang membentuk suatu grafis bitmap berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya. Hal ini menyebabkan semakin halus citra grafis, tetapi kapasitas filenya semakin besar.

Ketajaman warna dan detail gambar pada tampilan bitmap bergantung pada banyaknya pixel warna atau resolusi yang membentuk gambar tersebut. Hal ini berkaitan erat dengan kemampuan monitor dan VGA ( Video Graphic Adapter ) yang digunakan. Jika gambar tampilan bitmap berresolusi tinggi di tampilkan pada monitor yang berresolusi rendah akan mengakibatkan gambar terlihat kasar , bahkan terlihat kabur berbentuk kotak-kotak ( juggy ) jika dilakukan pembesaran gambar. Satuan untuk ukuran grafis jenis bitmap ini adalah dpi ( dot per inch ) yang berarti banyaknya titik dalam satu inci. Untuk lebih memahami grafis jenis bitmap .

Beberapa grafis bitmap dapat Anda temui di file komputer, yakni file komputer yang berekstensi : .bmp, .jpg, .tif, .gif, dan .pcx. Grafis ini biasa digunakan untuk kepentingan foto-foto digital.

Program aplikasi grafis yang berbasis bitmap, antara lain : Adobe Photoshop, Corel Photopaint, Microsoft Photo Editor dan Macromedia Fireworks. Semua program tersebut menawarkan kemudahan dan kelengkapan fiturnya.

Pengenalan Grafis Berbasis Vektor dan Berbasis Bitmap - TIK SMAN 12 Jakarta TimurSelain grafis jenis bitmap, ada grafis jenis vektor yang merupakan perkembangan dari sistem grafis bitmap (digital). Grafis ini tidak tergantung pada banyaknya pixel penyusunnya dan kondisi monitor karena tampilan vektor tersusun atas garis-garis. Tampilan akan terlihat jelas meskipun dilakukan pembesaran (zooming).

Penggunaan titik-titik koordinat dan rumus-rumus tertentu dapat menciptakan bermacam-macam bentuk grafis, seperti lingkaran, segitiga, bujur sangkar dan poligon. Dengan demikian , pemakaian grafis vektor akan lebih irit dari segi volume file, tetapi dari segi pemakaian prosessor akan memakan banyak memori.

Program aplikasi grafis yang berbasis vektor antara lain : CorelDraw , Macromedia Free hand, Adobe Illustrator dan Micrografx Designer.


Perbedaan Grafis Vektor dan Grafis Bitmap
VektorBitmap
1. Gambar tetap jelas ketika di perbesar1. Gambar kurang jelas ketika di perbesar
2. Tersusun oleh garis dan kurva2. Tersusun atas titik-titik/dot
3. Ukuran File yang dihasilkan kecil3. Ukuran File yang dihasilkan besar
4. Kualitas grafis tidak bergantung dari banyaknya pixel4. Kualitas grafis bergantung dari banyaknya pixel










  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar